Cara Memperbaiki CARTRIDGE Canon Mampet

Di dalam dunia printer, salah satu tipe atau merek printer yang paling digemari oleh pengguna printer saat ini adalah Printer bermerek Canon.. selain irit, Printer canon juga sangat dikenal dengan kemudahannya saat di operasikan. namun di sisi lain ternyata di balik itu semua ternyata ada banyak sekali keluhan dari pengguna. Khususnya adalah masalah yang muncul pada cartridge. hal ini saya rangkum dari beberapa referensi yang saya dapatkan baik dari keluhan langsung dari pelanggan, sampai beberapa keluhan yang saya baca di media online.

Hasil cetak tidak sempurna, adalah salah satu keluhan yang paling banyak beredar saat ini, seperti yang anda lihat pada title tulisan yang tertera di atas, kali ini kita akan coba bahas bagaimana cara memperbaiki cartridge yang mampet,, biasanya hal itu bisa kita ketahui saat kita mencetak sebuah dokumen baik itu berupa teks ataupun bergambar, Nah umumnya seperti yang saya katakan tadi di atas, indikasinya itu bisa kita lihat dari hasil pencetakan, Hasilnya  itu tidak sempurna atau tidak sesuai dengan apa yang ada di tampilan monitor. dan bahkan jika tingakat kemampetannya sudah sangat parah, kadang sama sekali tidak ada tinta yang keluar.

Biasanya ini di sebabkan karena printer dikategorikan sangat jarang beroperasi, dalam hal ini adalah printer sangat jarang sekali melakukan aktivitasnya, sehingga sisa-sisa tinta yang ada di permukaan head menjadi mengering, dan  akhirnya menutupi lubang-lubang nozzle di head. Sehingga tinta tidak bisa tersemprot kedasar atau permukaan kertas saat proses pencetakan berlangsung, Umumnya hal ini paling banyak di temukan oleh Printer-printer yang sudah dilengkapi dengan sistem INfus saya juga kurang tahu apakah ini salah satu Kekurangan Mengguankan Printer Infus atau Apa, yang jelas beberapa berita yang saya temukan seperti itu adanya.

Sebenarnya masuk akal juga, namun perlu saya perjelas lagi bahwa indikasi akan cartridge mampet dengan cartridge rusak itu tidak jauh berbeda, jadi perlu anda ketahui apakah kendala yang anda alami memang karena hanya faktor penyumbatan tinta ataukah Head Cartridge kelebihan beban saat pencetakan/Over Head, jika penyebabnya itu adalalah Over Head sebaiknya anda ganti saja Cartridge anda, karena saya bisa pastikan cartrdige anda sudah tidak bisa lagi diselamatkan karena Head Sudah Aus. namun jika penyebabnya itu hanya faktor penyumbatan tinta saja, mungkin cara di bawah ini bisa anda terapkan.

Caranya itu adalah anda siapkan dulu beberapa bahan yang diperlukan antara lain

  1. Head Cleaner (wajib)
  2. Tinta Printer
  3. Wadah atau tempat, ukurannya bebas terserah anda yang jelas cartrdige bisa masuk ke dalamnya
  4. Alat Penyedot, Bisa anda temukan di toko-toko aksesoris komputer dan printer.
  5. Tissue Kering

Setelah beberapa bahan pokok terpenuhi selanjutnya :

  1. LEpas cartridge yang bermasalah tersebut, kemudian isi penuh dengan tinta.
  2. sekarang tuangkan cairan Head Cleaner yang sudah anda beli tadi, ke dalam wadah yang sudah anda persiapkan sebelumnya. isi secukupnya saja tidak perlu terlalu banyak. 
  3. Sekarang, masukkan Cartridge kedalam wadah tersebut, sampai disini yang harus anda lakukan adalah bersabar, tunggu sampai cairan menghancurkan tinta-tinta yang menempel di head, Proses ini tergantung dari seberapa parah penyumbatan cartrdige printer anda, untuk hasil yang maksimal biasanya saya diamkan sehari semalam agar head betul-betul bersih.
  4. Ambil Penyedot, kemudian sedot tinta dari dasar Head, Lakukan dengan perlahan sampai seluruh tinta yang ada di dalam cartrdige habis..
  5. selanjutnya bersihkan cartridge menggunakan tissue

Sampai disini proses pembersihan Cartridge sudah anda selesaikan, selanjutnya pasang KEmbali cartridge Printer lalu lakukan head cleaning minimal duakali. Nah sekarang anda bisa menggunakan printer anda. sekian dulu, kalau ada yang kurang jelas atau ada yang perlu di pertanyakan, silahkan bertanya, saya akan coba bantu.. oke semoga sukses akhir kata wassalam... ^_~

Comments

  1. om kok, saat saya mau ngeprint ada tulisan tinta mulai habis, padahal tinta saya masih penuh ditabung nya, itu kenapa ya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artinya Printer agan dalam waktu dekat akan direset biasanya Ada peringatan Tandan seru, atau Printer mendeteksi Kuantity Tinta di dalam cartridge di bawah 5%.. Gak usah Dihiraukan pakai saja printernya, nanti kalau Level tinta berada di 0%, maka disitu baru bisa kita melakukan tahap reset, dan Peringatan low inknya bakal hilang sendiri kok

      Delete
  2. Makasih info panduannya kak., siap praktik.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan di coba gan, semoga berhasil

      Delete
  3. Mau tanya ni klo hasil printer putus2... Dan klo ngeprint shape dg warna shape hitam, tpi hasilnya tidak hitam secara menyeluruh artinya dibgian yang lain bolong, apakah itu artinya cartridgenya rusak atau hanya tersumbat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu gak rusak mas, Cuman tinta gak keluar di seluruh nozzle Cartridge, solusinya coba di bersihkan dengan pakai head Cleaner.

      Delete
    2. kalo masih gak bisa gimana ? ada solusi lain ? apa ganti cartridge?

      Delete
  4. Anonymous11:56

    permisi min, cuma mau ngasih masukan sedikit.
    gmn kalau tutor yang begini dan lainnya, yang memungkinkan.
    bisa diberi gambar(illustrasi) sekalian.

    terimakasih.

    ReplyDelete
  5. Numpang Tanya Min, setiap saya ngeprint dengan warna hitam, hasilnya putus-putus, saya udah head cleaning beberapa kali, tapi tetap aja hasil print tinta hitamnya putus. Untuk warna lain nggak ada masalah. Ini yang cartridgenya masih bagus nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah di bersihkan pakai head cleaner, trus gak ngaruh, hasil pencetakan masih gak masimal, berarti Nozzle cartridge udah rusak, solusinya harus kita ganti dengan yang baru...

      Delete
  6. Mau tanya printer punyaku klo dipakai buat ngeprint 5 lembar secara lagsung,hasil warnanya berubah,yang tadi nya warna coklat berubah menjadi ungu,gimana cara mengatasinya??
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu artinya ada tinta yang minim di dalam cartridge mas, solusinya di deep cleaning aja mas, masuk ke settingnya

      Delete
  7. Min, itu cairan head cleaner dituang kedalam wadah seberapa banyak? Bagian luar Catridge nya harus terendam sampe batas mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. secukupnya aja mbak, yang penting jangan sampai menrendam chip Kuningan yang ada di bagian luar cartridge..

      Delete
  8. harga head cleaner dan penyedotnya itu brp mas??

    ReplyDelete
  9. Trimakasih infonya, tapi msih agak bingung..mksdnya cairan head cleanernya jgn smpe masuk kedlm catridge ato gmna ya kak? Soalnya catridge warna saya mngalami masalah sprti yg dikatakn di atas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup di rendam aja mbak..

      Delete
  10. mo tanya gan. kalo saat print sllu muncul peringatan kertas macet, silahkan resume. pdhl kertsnya lncar tpi tak kluar apa apa.

    ReplyDelete
  11. gan klo solusi lain dgn cara direndam pake air panas kira-kira bs gk ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya pakai Head cleaner mas galih, Lebih meyakinkan

      Delete
  12. halo min, mau tanya dong, printer saya itu canon mp 145 dan saya menggunakan catrige yang sudah di infus. masalah saya hanya tinta hitam yang bemasalah (sebaris hitam jelas, baris berikutnya buram) nah, yg saya mau tanya, gimana cara melepas catridge yang sudah di infus. apakah aman2 saja kalau saya main lepas dan rendam dengan head cleaner? atau ada cara yang lain? soalnya saya agak takut malah merembet ke bagian lain. trims. respon ya min. buat skripsi soalnya :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa aman-aman aja mas, tapi sebelum kita rendam, ke head cleaner ada baiknya kita lepas terlebih dahulu Selang, yang nancap di cartridge, lalu ikat pakai karet gelang, biar gak ribet nyedotnya

      Delete
  13. thanks mas, nanti saya coba cara di atas di rumah..
    artikel yang bermanfaat...

    ReplyDelete
  14. Anonymous06:29

    Mas numpang tanya, Printer saya canon MP250. Tadi pas saya mngeprint hasilnya putus putus, dan saya ambil cartridge nya terus saya lap pake tisu kuningannya dan saya pasang kembali hasilnya kembali bagus mas. Tapi saya mngeprint lagi hasilnya kembali putus putus. (kalo terus terusngelap kan capek ya mas)
    Gimana cara mengatasinya ya mas !

    ReplyDelete
    Replies
    1. artinya mulut cartridge kotor, solusinya bibir cartridge cukup kita rendam kemudian kita bersihkan.. silahkan di coba

      Delete
  15. salam semua,
    saya mau share juga nih, kebetulan saya juga buka blog ini saat ada masalah printer putus2. logika yang saya ambil disini adalah masalah head kotor/ada yang tersumbat jd putus2. setelah saya baca2 kebanyakan harus pakai head cleaner dan memakan waktu selama satu hari, padahal perlunya sekarang dan ga mungkin dpt head cleaner dengan segera. printer saya canon MG 2270, nah tabungnya itu saya kasih lubang pd bagian atas seperti pakai infus utk refil tinta (drpd beli barukan mahal yak..). karena saya ga punya head cleaner dan penyedot maka solusi saya dengan logika diatas adalah ISI CATRIDGE DENGAN TINTA YANG BANYAK KEMUDIAN SAYA TIUP BAGIAN LUBANG UNTUK REFILE TINTA SAMPAI TINTA MENETES NETES (jangan lupa sedia tisu yg banyak biar ga mengotori sekitar). setelah itu lap dengan tisu dan setelah saya pasang ke printer alhamdulillah berhasil dan lancar. TERIMA KASIH min atas sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sharing yang bisa membantu mas, apalagi didukung dengan pengalaman, Makasih atas partisipasinya

      Delete
    2. saya sudah lakukan hal yang sama tetapi tetap juga hasil prinnya putus putus..

      Delete
    3. sudah saya lakukan hal yang sama tetap juga hasil prinnya putus putus

      Delete
  16. numpang nanya min " untuk satu catridge infus biasanya bisa print sampai brapa rim kertas?" mohon pencerahannya min, trims

    ReplyDelete
  17. PAGI MIN SAYA MAU TANYA NIE...? GATRIK TINTA SAYA PAS NGEPRIN WARNA WARNA MERAH DAN KUNING NYA GAK MUNCUL PENYEBAB NYA APA YAH MIN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa penyebab mas, tapi yang paling penting untuk di perhatikan adalah Kondisi Fisik dari Head Cartridge, Kalau belum ada kerusakan kemungkinan besar cartridge masih bisa kita perbaiki dengan beberapa cara yaitu
      1. Dengna melakukan pembersihan Head Secara Manual. menggunakan Head Cleaner.
      2 . Dengan cara Penghisapan..

      Delete
  18. Min sya mau nanya ni. Catridge print sya yg hitam kalo d pakai itu ngga keluar tinta(kosong). Awalnya sya kira tintanya yg habis. Tpi sya bawa ke tmpat pengisian tinta, dia blg tintanya masih ada n tinta msih bagus. Krna klo d tindis bgian bawah(garis panjang) tinta msih bgus klr. So dia bilang catridgenya harus di ganti.. Ada cara lain ngga min spya catrodge bisa d pkai kmbli tanpa ganti. Thanks, mohon info n bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEbenarnya masih ada cara Lain Mbak, Tergantung Kondisi Cartridge juga, Caranya kita Harus punya alat penyedot, Kita sedot manual. Kalau Memang Masih Gak Work artinya Cartridge memang harus kita ganti Mbak..

      Delete
  19. Misi numpang tanya, cartidge printer saya kok gak ke detek printernya padahal udah di isi penuh

    ReplyDelete
  20. Mau nanya, udh di print pi kok gk pke kluar2 apanya ya keterangannyapun gk ada...

    ReplyDelete
  21. Kalau Masalah HEad Mampet Gak ada kaitannya dengan Softwere, Coba bersihkan dengan head Cleaner seperti yang di jelaskan di atas gan, Insyah allah langsung tuntas

    ReplyDelete

Post a Comment

Jika Ada Yang Ingin Dipertanyakan, Silahkan Meninggalkan Komentar. Komentar Anda Akan dimoderasi terlebih dahulu Untuk Mendapatkan persetujuan dari admin Sebelum ditampilkan

Popular Posts